Senin, 16 Mei 2011

Pengenalan Pemrograman C#

Salam Belajar...
Dari tahun ke Tahun Microsoft Selalu Mengembangkan Teknologinya Salah Satunya Adalah di Bagian pemrograman Yang Kita kenal Dengan Nama Visual Studio sehingga sampai sekarang Microsoft Menghadirkan versi Terbaru dari visual studio Yaitu Visual studio 2010 yang di dalamnya terdiri Dari Beberapa Aplikasi Seperti C#, F#, VB.NET, C++, WINDOWS MOBILE dan ASP.NET dengan MULTI LANGUAGE.


LOGO MICROSOFT VISUAL STUDIO 2010


Sejak awal pengembangan software pada platform Microsoft, Visual
Studio telah menjadi alat yang sangat berharga untuk menyederhanakan tugas-tugas pembangunan sehari-hari secara signifikan.
Salah satu alasan utama untuk ini adalah lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE), konsep yang benar-benar merupakan istilah yang luas dengan kelebihan-kelebihannya. Meskipun awalnya hanya untuk kombinasi mengedit kode sumber dan dukungan debugging, hari ini IDE menunjukan kemampuan dengan berbagai macam fitur di dalamnya seperti :

1. Source Code Editing With built-in mendukung berbagai bahasa seperti
C #, Visual Basic, F # dan C + +, termasuk hal-hal seperti pewarnaan sintaks, IntelliSense autocompletion, dan sebagainya.
2. Refactoring Support merupakan salah satu tools yang canggih untuk membuat dan memanipulasi kode
mudah dan memungkinkan untuk restrukturisasi kode yang ada hanya dengan beberapa klik.
3. Exploring Code Developer bisa mengembangkan dari aplikasi ini. Navigasi antara file sumber, dan editor yang menyediakan sarana untuk mengarahkan ke tipe tertentu.
dan masih banyak lagi seperti :
- Visualization
- Designers
- Debugging facilities
- Project management
- Integrated build support
- Source control and work item tracking
- Extensibility

Seorang Programmer, tentunya harus mengetahui dasar-dasar dari pemrograman terlebih dahulu sebab saya yakin anda tidak ingin menulis kode program yang tidak error dan dapat berjalan dengan baik namun tidak dimengerti. Oleh karena itu, sebelum melangkah pada tahap teknis, sebaiknya anda memahami konsepnya terlebih dahulu. Pada tingkat mahir, anda akan lebih memperdebatkan masalah konsepnya berdasarkan teknis daripada teknisnya, terlebih melihat perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat. Jika anda memahami konsep bahasa pemrograman dengan baik maka saya yakin bahwa apapun bahasa pemrograman yang anda kuasai saat ini, entah itu Pascal, C/C++, Delphi, Java, Fox Pro, VB 6.0, atau lainnya maka tidaklah sulit bagi anda dalam mempelajari Pemrograman ini dan begitupun sebaliknya jika anda ingin mempelajari bahasa pemrograman yang lainnya. Saran saya jika Anda Sudah mahir Ataupun Belum dalam Pemrograman visual basic 6.0 maupun Foxpro segeralah MIGRASI ke pemrograman Visual Studio Dengan versi terbarunya 2010 dan tentukan pilihan anda di situ.

Sebelum Kita terlalu jauh Melangkah dalam Pemrograman ini Sebaiknya kita mengenal dulu

:::...NET FRAMEWORK..:::

.NET Framework merupakan suatu platform yang dapat membangun aplikasi dan liblary yang disebut dengan “Managed Application”. Managed Application adalah eksekusi dari suatu aplikasi yang diatur oleh .NET Framework yang menyediakan lingkungan runtime yang terkendali dan menyediakan sangat banyak fariasi service seperti loading aplikasi, mengatur memory, maupun monitoring sekuritas dan integritas ketika aplikasi dijalankan sehingga aplikasi lebih mudah dipelihara dan di-debug.
.NET Framework muncul untuk menjawab beberapa keterbatasan yang dimiliki oleh generasi sebelumnya, yaitu teknologi aplikasi yang berbasiskan COM (teknologi aplikasi yang digunakan oleh Ms. Visual Basic 6.0). Berbagai macam keterbatasan tersebut antara lain:

1.Ketika COM mengalami perubahan atau pembaharuan aplikasi yang memakai komponen DLL Hell maka harus di-compile ulang jika tidak sering terjadi Runtime Error.
2.Tidak cocok dengan Platform lain. Standar COM sangat tergantung pada System WIN32 sehingga sangat susah sekali untuk diterapkan pada platform atau mesin yang lain. Misalnya pada mesin PDA atau Handphone.
3.Tidak mendukung Inheritance (pewarisan). Komponen dalam COM tidak dapat di-Inheritance sehingga sulit bagi programmer untuk mengembangkan komponen yang sudah ada.

Aplikasi yang menggunakan teknologi .NET Framework mampu dijalankan pada berbagai Sistem Operasi yang memiliki .NET Framework di dalamnya dan dapat dimanfaatkan untuk menciptakan berbagai jenis aplikasi. Anda bisa Menjalankan ataupun membuat Aplikasi di OS Linux dengan MonoDEVELOP.

:::..CLASS LIBRARY..::

.NET Framework Class Library merupakan koleksi dari Object-Oriented Type dan Interface yang menyediakan model objek dan servis dari banyak tugas pemrograman yang kompleks. Sebagian besar type (tipe) yang dinyatakan oleh .NET Base Class Library bisa dikembangkan yang memungkinkan anda membuat type yang sesuai dengan fungsionalitas yang ingin anda buat. Namespace adalah pengelompokan logikal dari beberapa type (tipe) yang menjalankan fungsi yang terkait secara hierarkis. Dengan adanya namespace, anda bisa mencegah terjadinya ambiguitas (nama yang sama) dan konflik penamaan pada type. Sebagai contoh, namespace System.Windows.Forms berisi semua type class control yang dapat digunakan oleh Windows Forms.

Lanjut Dengan mengenal APA ITU OOP(Object Oriented programming)

Setelah anda memahami .NET Framework maka selanjutnya anda perlu memahami konsep dari Object Oriented Programming (OOP) yang artinya pemrograman berbasis objek sebelum anda lebih jauh mengenal C# dan menggunakannya dalam merancang aplikasi, sebab C# merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mendukung konsep OOP dan menggunakan pendekatan GUI (Graphical User Interface). OOP di dalam pemrograman C#dapat diartikan bahwa objek (object) adalah pusat pemrograman sehingga segala sesuatu yang anda lakukan di dalam pemrograman C# tidak lepas dari objek. OOP di dalam pemrograman C# akan memperkenalkan berbagai konsep yaitu: object, field, property, method, event, inheritance, polymorphism, encapsulation, overloading, overriding, shadowing, partial, shared, static, read only, dan write only. Selain itu terdapat pula berbagai element, yaitu: namespace, module, type (class/control, structure, interface, delegate, enumeration), event, property, procedure sub, procedure function, procedure operator, declare, variable/array, constant, dan parameter. Semua itu merupakan dasar dalam pemrograman C# sehingga anda harus memahami dengan baik.

nah.. sampai di sini dulu penjelasanya ya.. kalau ada teman-teman yang lebih tahu dari saya mohon saran dan kritikanya yang membangun, maklum masih dalam tahap belajar.
nantinya akan saya bahas lebih lanjut pembuatan aplikasi maupun sistem Informasi menggunakan c#.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Akbar