Senin, 16 Mei 2011

ASP.NET MULTI LANGUAGE

Salam Belajar...
Sebelumnya di pembahasan ini saya tidak menjelaskan lagi mengenai .NET FRAMEWORK karena saya sudah menjelaskan di C# dan VB.NET.
Dengan ASP.NET, Microsoft bertujuan untuk melanjutkan keberhasilannya
dengan memperbaiki dan meningkatkan Fitur-Fitur Dari ASP.NET sebelumnya. Kabar baiknya
adalah bahwa Microsoft tidak menghapus fitur fitur lama, tetapi fitur tesebut di tingkatkan, hampir semua perubahan di ASP.NET menambahkan fitur-fitur tingkat tinggi yan
g dapat membuat program kita lebih produktif.
ada beberapa versi ASP.NET antara lain :
• ASP.NET 1.0: untuk pertama kalinya di rilis aplikasi yang bisa berjalan di WEB dan memperkenalkan berbagai fitur penting di ASP tetapi versi ini masih banyak terdapat bug.
• ASP.NET 1.1: ini rilis kedua ditambahkan kinerja tune-up dan perbaikan bug, tapi tidak ada fitur baru yang di tambahkan.

• ASP.NET 2.0: rilis ketiga ini menumpuk di satu set besar fitur baru, yang semuanya dibangun di atas platform .Net Framework. Beberapa fitur baru termasuk dukungan built-in
untuk navigasi situs, fitur dengan tema untuk standardisasi desain web halaman, dan cara yang lebih mudah untuk membuat atau mengambil data dari database.
• ASP.NET 3.5: Rilis keempat tetap sama seperti ASP.NET 2.0, tetapi menambahkan beberapa fitur-fitu baru seperti Peningkatan paling signifikan adalah ASP.NET AJAX toolkit, sehingga membuat kita bisa mengembangkan aplikasi web yang nampak seperti terlihat di aplikasi desktop (seperti drag-dan-drop dan autocomplete). kemudian dukungan untuk LINQ, satu set perangkat tambahan bahasa, termasuk dengan. NET 3.5 yang memungkinkan
Anda untuk mencari data dari database dengan cara yang sama yaitu query database.
• ASP.NET 4.0 : Rilis kelima, dan sampai sekarang asp.net terus melakukan pengembangan-pengembangan sehingga muncullah versi asp.net rilis terbaru dengan .Net Framework 4.0

..:::C# And VB .Net Languages:::..

bahasa C # adalah bahasa baru yang dirancang untuk. NET 1.0. sintaks dari bahasa C# mirip dengan Java dan C + +, tetapi tidak ada jalur migrasi langsung dari Java atau C + +.
Menariknya, VB dan C # sebenarnya cukup mirip. Meskipun sintaks yang berbeda, baik VB
dan C # menggunakan kelas dan perpustakaan NET. didukung oleh CLR. Bahkan, hampir setiap blok C # kode dapat diterjemahkan, baris demi baris, menjadi setara blok kode VB (dan sebaliknya). Sebuah perbedaan bahasa sesekali muncul (misalnya, VB mendukung fitur bahasa yang disebut parameter opsional, sedangkan C # tidak), tetapi untuk sebagian besar pengembang yang telah belajar satu .NET LANGUAGE dapat bergerak cepat dan efisien ke yang lain. Singkatnya, baik VB dan C # yang elegan, bahasa modern yang ideal untuk menci
ptakan berikutnya generasi aplikasi web.

Intermediate Language....
Semua bahasa.NET yang dikompilasi ke dalam bahasa lain tingkat rendah sebelum kode dijalankan. bahasa tingkat rendah adalah Common Intermediate Language (CIL, atau IL). The
CLR, mesin dari .NET,. hanya menggunakan kode IL. Karena semua bahasa.NET dirancang berdasarkan IL, semua memiliki kesamaan mendalam. Ini adalah alasan bahwa VB dan C #
menyediakan bahasa sama dasarnya sama fitur dan kinerja. Bahkan, bahasa ini sangat kompatibel di halaman web yang kodenya menggunakan C # dan dapat juga menggunakan komponen VB dengan cara yang sama dan sebaliknya.
NET Framework. meresmikan ini kompatibilitas yang biasa kita sebut common type system(CLS). Pada dasarnya, CLS adalah komponen yang ditulis dalam satu bahasa .NET dan dapat digunakan dalam bahasa yang lain. Salah satu bagian dari CLS adalah sistem tipe umum (CTS), yang mendefinisikan aturan untuk tipe data seperti string, angka, dan array yang dibagi dalam semua bahasa.NET. CLS juga mendefinisikan object seperti kelas, method
s, events, dan lain-lain. untuk lebih jelasnya lihat gambar ini :


Gambar ini menunjukkan bagaimana bahasa.NET dikompilasi untuk IL.
Setiap
file
EXE atau DLL yang
Anda built berisi kode IL. Ini adalah file yang di sebarkan ke komputer lain.
Dalam kasus aplikasi web, kita mengkompilasi k web server.


:::.. Sekilas tentang AJAX ..:::

Arsitektur Server ASP.NET AJAX

satu lagi kelebihan yang di miliki oleh asp.net adalah sangat mendukung control dari ajax (ajax control toolkit) yang sudah di kompilasi ke File DLL. tinggal kita mengekstrak masuk ke aplikasi kita sehingga bisa untuk kita pakai. ASP.NET AJAX merupakan framework yang terdiri dari pustaka script client dan komponen server yang terintegrasi. ASP.NET AJAX juga didukung dengan ASP.NET AJAX Control Toolkit dan beberapa fitur tambahan lainnya.
Komponen server ASP.NET AJAX terdiri dari kontrol-kontrol web server ASP.NET dan komponen-komponen untuk mengatur UI dan alur aplikasi, juga mengatur serialization, validasi, pengembangan control server, dan lain sebagainya.

Control-control Server ASP.NET AJAX

Control-control server ASP.NET AJAX terdiri dari kode server dan client yang terintegrasi untuk membangun cita rasa AJAX. Berikut adalah daftar dari kontrol-kontrol server yang sering digunakan.

  1. ScriptManager
    Mengatur sumberdaya script komponen-komponen client, merender bagian dari halaman, localization, globalization, dan custom user script. Script manager dibutuhkan oleh UpdatePanel, UpdateProgress dan kontrol Timer.
  2. UpdatePanel
    Digunakan untuk membuat rendering sebagian halaman (partial rendering), bukan keseluruhan halaman.
  3. UpdateProgress
    Memberikan informasi mengenai status bagian halaman yang ter-update dalam kontrol UpdatePanel.
  4. Timer
    Melakukan postback ke server berdasarkan interval waktu yang telah ditentukan. Kontrol Timer dapat digunakan untuk melakukan postback keseluruhan halaman atau sebagaian halaman yang ada dalam UpdatePanel dan masih banyak lagi.

Web Services ASP.NET AJAX

ASP.NET AJAX menyediakan web services yang dapat digunakan oleh script client dan dapat bekerja bersama dengan application services ASP.NET. Dengan menggunakan ASP.NET AJAX, pemanggilan web service menggunakan script client dapat dilakukan dengan mudah karena telah disediakan komponen network di dalamnya.

Kemampuan Control Server ASP.NET AJAX untuk Dikembangkan

Control-control ASP.NET AJAX baru dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan. Dengan kemampuan ini, server kontrol ASP.NET AJAX dapat terus berkembang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa control ASP.NET AJAX yang telah siap pakai dapat ditemukan di Microsoft ASP.NET AJAX Control Toolkit.

Arsitektur Client ASP.NET AJAX

Pustaka script client ASP.NET AJAX terdapat pada beberapa file (.js). Beberapa layer yang ada di pustaka ASP.NET AJAX antara lain:

  • Layer browser compatibility. Layer ini menyediakan kompatibilitas sebagian besar browser populer (termasuk Microsoft Internet Exploere, Mozilla Firefox, dan Apple Safari).
  • Service inti ASP.NET AJAX, yang mengandung komponen-komponen inti seperti clases, namespaces, event handling, inheritance, tipe data, dan serialisasi object.
  • Pustaka class ASP.NET AJAX, berisi komponen-komponen seperti string builder dan penanganan error tingkat lanjut.
  • Layer network yang menangani komunikasi antara service client web dengan aplikasi dan mengatur pemanggilan method secara asinkron.
  • Dukungan pustaka JavaScript yang terkandung dalam assembly atau berada dalam file (.js). Penyatuan script JavaScript ke dalam assembly dapat mempermudah pemasangan aplikasi (deployment) dan memecahkan masalah versioning.
  • Dukungan atas pengaksesan server-based forms authentication dan informasi profile dalam script client. Dukungan ini juga terdapat pada aplikasi web yang tidak dibuat dengan ASP.NET selama aplikasi tersebut menggunakan pustaka ASP.NET AJAX.
  • Dukungan atas mode release dan debug serta mendukung localization yang tertanam dalam assembly maupun terpisah dalam file JavaScript.

Debuging

Arsitektur ASP.NET AJAX menyediakan model untuk mode release dan debug. Pada mode release, pemeriksaan error dan penanganan exception telah dioptimasi untuk performance dengan script yang minimum. Pada mode debug, menyediakan lebih banyak fitur seperti pengecekan type dan argument.

Dalam class debug helper (Sys.Debug) tersedia method-method untuk menampilkan object-object ke dalam form yang mudah dibaca pada bagian bawah halaman web. Helper ini juga menampilkan pesan trace untuk melakukan assertions dan break ke debugger.

Localization dan Globalization

Pada arsitektur ASP.NET AJAX server dan client tersedia mekanisme model localization dan globalization pada script client. Dengan fitur ini, kita dapat merancang aplikasi dengan berbagai macam locale UI (bahasa dan kultur) menggunakan satu basis kode. Sebagai contoh, untuk menampilkan tanggal atau angka, ASP.NET AJAX akan memformat tampilan sesuai dengan seting culture pada browser pengguna tanpa harus melakukan postback ke server.

ASP.NET AJAX Control Toolkit

ASP.NET AJAX Control Toolkit adalah kumpulan contoh-contoh komponen kontrol yang memanfaatkan kemampuan ASP.NET AJAX. Kontrol-kontrol ini dapat di-download di situs INI.

nah.. sampai di sini dulu ya,, referensi di atas mengenai ajax saya dapat juga dari webnya Ahmad Masykur sedangkan tentang asp.net with silverlight akan saya bahas di kesempatan berikutnya.. saya juga masih dalam tahap belajar kalau ada para master yang lebih tahu tolong di share ilmunya...

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Akbar